Real Madrid Buka Kiprah di La Liga dengan Kemenangan atas Getafe


Julen Lopetegui sukses memetik kemenangan perdananya sebagai pelatih anyar Real Madrid di partai pembuka La Liga. Menghadapi Getafe di Santiago Bernabeu, Senin (20/8/2018) dini hari WIB, Los Blancos berhasil menang dengan skor 2-0. Yang juga jadi Kemenangan kompetitif pertama setelah Cristiano Ronaldo pergi.

Lopetegui menggunakan formasi 4-3-3 pada laga ini. Untuk mengisi 11 pemain inti, nama-nama seperti Keylor Navas, Nacho Fernandez, Sergi Ramos, Marcelo, Toni Kroos, Daniel Ceballos, Isco, Gareth Bale, hingga Karim Benzema langsung diturunkan.

Mantan pelatih Tim Nasional (Timnas) Spanyol itu justru mengistirahatkan beberapa pilar. Sebut saja ada Casemiro, Luka Modric, Raphael Varane, hingga kiper anyar Thibaut Courtois yang duduk di bangku cadangan saat laga dimulai.

Sementara itu, Getafe asuhan Pepe Bordalas turun dengan formasi 4-5-1 dan diperkuat nama-nama seperti Gaku Shibasaki, Nemanja Maksimovic, Francisco Portillo, Damian Suarez, hingga Jorge Molina sejak menit pertama.

Sejak awal, Madrid sudah mendominasi penguasaan bola dan mengurung salah satu rival sekotanya itu. Melalui permainan dari kaki ke kaki yang menjadi ciri khas tim asuhan Lopetegui, Madrid mulai mendapatkan beberapa kesempatan untuk mencetak gol.

Hasilnya, pada menit 20 gol pertama untuk mereka tiba. Diawali umpan silang Bale dari sisi kiri, bola tak bisa dihalau dengan sempurna oleh kiper Getafe, David Soria. Bola liar tersebut jatuh ke kepala Dani Carvajal dan langsung disundul ke dalam gawang. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, situasi masih sama. Madrid bahkan berhasil mencetak gol keduanya pada menit 50. Kali ini gol dicetak oleh Bale melalui sepakan dari dalam kotak penalti setelah dia menerima umpan mendatar dari Marco Asensio yang bergerak di sisi kiri.

Usai gol itu, Madrid memang masih terus mendominasi dan memiliki beberapa peluang. Namun, kesempatan tersebut terhalang oleh penyelesaian akhir yang buruk. Getafe juga beberapa kali memberikan ancaman, tetapi tak ada yang berhasil mengggetarkan jala gawang Navas.

Pada akhirnya, laga ini tetap usai dengan kedudukan 2-0 untuk Madrid. Kemenangan yang membuat mereka berada di posisi empat klasemen sementara La Liga dengan tiga poin. Untuk Getafe, kekalahan ini membuat mereka ada di posisi 17.