2 Calon Pengganti Osvaldo Haay di Piala AFF 2018


Dilansir dari the-afchub.com (7/5/18) bahwa Piala AFF akan bergulir akhir tahun 2018 nanti lebih tepatnya pada bulan November, Timnas Indonesia sepertinya masih akan mengandalkan sebagian besar pemain Timnas U23 nya, ide itu muncul setelah progres yang bagus yang ditunjukkan oleh anak-anak Luis Milla ini di beberapa bulan terakhir. Namun demikian, tentunya Timnas akan masih membutuhkan sosok pemain senior yamg tidak hanya bisa mnejadi leader namun juga bisa membantu tim secara teknis.

Jika dilihat dari skuat yang saat ini dipersiapkan Luis Milla untuk Asian Games, maka ada beberapa titik yang masih menunjukkan kelemahan. Salah satu diantaranya adalah lini sayap kanan yang biasa ditempati oleh Osvaldo Haay.

Osvaldo dinilai masih kurang baik dalam mengemban tugasnya sebagai pemain sayap kanan. Ia kerap kali melakukan eksekusi atau keputusan yang salah dan berujung pada seringnya membuang peluang.

Selain itu visi bermain nya yang kerap terlambat dalam mendistribusikan bola sering menjadi alasan mengapa lini penyerangan Timnas kehilangan momentum.

Maka jika dilihat dari kelemahan tersebut, ada dua pemain senior yang saat ini bermain dengan baik di klub dengan berposisi di sayap kanan. Nama tersebut adalah Riko Simanjuntak dan Andik Vermansyah.

Riko sepanjang tahun 2018 tampil sangat baik bersama Persija, seperti dilansir dari labbola bahwa saat ini Riko merupakan pemain dengan catatan assist tertinggi di piala AFC dengan torehan 7 assist. Sedangkan Andik Vermansyah kini bermain di Kedah di mana pada klub asal Malaysia itu Andik bermain cukup baik sehingga Ia selalu menjadi starter di Liga Malaysia.

Dua pemain ini sama-sama memiliki pengalaman dan skill di atas rata-rata. Riko punya kontrol dan dribling bola yang sempurna, selain itu Ia juga rajin melakukan akselerasi hingga menusuk ke kotak penalty lawan dan tak jarang mencetak gol maupun memberi assist dengan skema tersebut.

Sedangkan Andik memiliki pengalaman Internasional yang cukup karena memang sejak junior Ia selalu menjadi andalan Timnas di sektor sayap kanan. Ia punya kecepatan yang tak kalah baiknya dari Riko, selain itu kini bermain jauh lebih dewasa dengan umpan-umpan crossing nya yang matang.

Namun jika dilihat dari fisik dan ketahanan, sepertinya Riko lebih baik dari Andik. Riko hampir tidak punya masalah dengan kelelahan sepanjang pertandingan yang dijalaninya,hal itu terlihat dari cara dia bermain yang selalu berlari dan mencari ruang sepanjang 90 menit.

Siapapun nantinya diantara keduanya yang menghuni satu slot di piala AFF, dua pemain ini merupakan pilihan terbaik saat ini jika dilihat dari performa nya di klub. Mereka punya mental yang bagus dan itu sangat dibutuhkan untuk Timnas Indonesia yang mayoritas dihuni oleh pemain muda. Bravo!