Banyak Fans Wanita Iran yang Melepas Hijabnya Ketika Menyaksikan Pertandingan Iran Sebagai Protes Kepada Negaranya


Aturan yang mengikat wanita Muslim di Iran masih menjadi perdebatan sengit. Terutama tentang aturan memakai jilbab. Pada bulan Februari, ada aksi #NoHijabDay dalam bentuk melepas hijab sebagai protes terhadap aturan pemerintah Iran.

Dan dari foto yang viral yaitu, foto seorang wanita Iran yang cantik yang sedang menonton pertandingan Piala Dunia di Rusia. Sepintas, foto itu tidak memiliki keanehan sama sekali. Foto yang diambil oleh fotografer AP, Frank Augstein diambil selama pertandingan Iran melawan Spanyol.

Namun, setelah melihat lebih dekat ada keanehan dalam foto. Pada ID yang digunakan wanita itu terlihat gambar profil wanita yang mengenakan jilbab. Banyak netizen menyimpulkan wanita itu melepas hijab untuk menonton pertandingan hari itu.

Ada juga yang menyebutkan bahwa wanita mengenakan jilbab karena peraturan di Iran, tetapi banyak wanita Iran yang melepas jilbab saat bepergian ke luar negeri. Seperti diketahui bahwa banyak negara kurang bersahabat dengan wanita berjilbab.

Tidak diketahui nama wanita yang ada di foto itu. Netizen menyebutnya sebagai 'Iriania Grande' karena memiliki wajah yang cantik seperti Ariana Grande.

Menonton pertandingan sepak bola masih dianggap tabu di Iran. Sejak tahun 1979, meskipun tidak ada hukum resmi, tidak ada wanita yang dapat menonton pertandingan sepak bola langsung di stadion. Namun, tahun ini ada perbedaan. Beberapa penggemar termasuk wanita bernama 'Iriana Grande' sudah mendapat izin dari pemerintah Iran untuk menonton pertandingan langsung di stadion Rusia.