26 Tim Yang Telah Lolos Langsung ke Liga Champions Musim Depan. Ini Dia!


Akhir pekan kemarin liga-liga didaratan Eropa telah menjalani laga terakhir pada masing-masing liga tiap negara. Sejalan dengan hal tersebut, maka beberapa klub juga sudah dipastikan akan ikut berkompetisi diajang terakbar sebenua Eropa yaitu Liga Champions.

Ada empat liga top Eropa yang akan meloloskan sebanyak empat tim ke liga Champions musim depan. Keempat liga tersebut yakni Liga Inggris (Premier League), Liga Spanyol (La Liga), Liga Italia (Seria A), dan terakhir adalah Liga Jerman (Bundes Liga).

Untuk liga Prancis hanya diwakilkan tiga tim saja, liga Belanda diwakilkan dua tim.

Dan berikut daftar tim yang sudah dinyatakan lolos ke Liga Champions musim depan.

1. Liga Inggris.

Manchester City, Manchester United, Tothenham Hotspur dan Liverpool.

2. Serie A.

Juventus, Napoli, AS Roma dan Intermilan.

Intermilan berhak lolos ke Liga Champions dengan cara yang dramatis diakhir liga, hal tersebut karena Inter harus berjuang hingga laga terakhir. Jatah satu slot dari Seria harus diperebutkan oleh Lazio dan Intermilan dilaga terakhir. Meskipun Intermilan sebagai tamu dikandang Lazio, namun Intermilan mampu menunjukkan jati dirinya sebagai klub besar di Serie A. Inter berhasil menang dramatis dengan skor akhir 2-3 dikandang Lazio. Dengan demikian, Lazio harus puas untuk berkompetisi di liga Eropa musim depan.

3. Liga Spanyol

Barcelona, Atletico Madrid, Real Madrid, Valencia.

Untuk liga Spanyol sendiri, perebutan posisi empat besar tidak terlalu menegangkan, hal tersebut karena kekuatan tim-tim besar dengan tim lainnya sangat jarang memberikan kejutan.

4. Liga Jerman

Bayern Munchen, Schalke 04, Hoffenheim, dan Borussia Dortmund.

Bagi Hoffenheim, ini adalah kali pertama mereka akan mentas di Liga tertinggi dibenua Eropa tersebut. Pada musim lalu, mereka sebenarnya berpeluang untuk lolos ke Liga Champions, namun langkah mereka terhenti dibabak play off kala bersua dengan Liverpool.

5. Liga Prancis.

PSG, AS Monaco, Lyon

6. Liga Rusia.

Lokomotiv Moscow dan CSKA Moscow.

7. Liga Turki.

Galatasaray.

8. Liga Ukraina.

Shakhtar Donetsk

9. Liga Portugal.

FC Porto.

10. Liga Belgia.

Club Brugge

11. Liga Ceko.

Victoria Plzen

Untuk sisa slot liga champions akan ditentukan lewat jalur play off.

Bagaimana cara menentukan negara-negara yang bisa dinyatakan lolos langsung ke babak penyisihan grup? Mengapa Ukraina dan Ceko. Mengapa bukan Belanda? Hal itu ditentukan dari prestasi klub perwakilan negara dalam lima tahun terakhir atau berdasarkan angka koefisien-nya.

Dua tim yang masih harus berjuang dari babak play-off adalah klub Young Boys dari Swiss dan PSV Eindhoven dari Belanda. Selain mereka, masih ada sejumlah tim yang harus memperebutkan jatah sejak dari babak kualifikasi ketiga, kedua, dan pertama.

Waktu pengundian babak grup Liga Champions diadakan?
Pengundian babak penyisihan grup akan dilakukan pada 30 Agustus 2018 di Monaco. Ke-32 tim tersebut akan diundi ke dalam delapan grup yang beranggotakan masing-masing empat tim, dengan batasan bahwa tim dari liga yang sama tidak dapat dikelompokkan dalam grup yang sama.

Untuk undian, tim-tim tersebut diunggulkan ke dalam empat pot berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut (peraturan baru yang mulai diperkenalkan musim depan):

Pot 1 berisi juara bertahan Liga Champions dan Liga Europa, dan juara dari enam liga teratas berdasarkan ranking koefisien negara UEFA tahun 2017. Jika salah satu atau kedua pemegang gelar adalah salah satu juara dari enam asosiasi teratas, juara dari asosiasi peringkat tertinggi berikutnya juga dimasukkan ke Pot 1.
Pot 2, 3 dan 4 berisi tim-tim yang tersisa, diurutkan berdasarkan koefisien klub UEFA tahun 2018.
Hmmm. Bagaimana menurut kalian guys. Apakah klub kesayangan kalian lolos ke liga Champions musim depan?