Kalahkan Indonesia, Pelatih UEA: Hanya Dengan Cara Haram ini, Kami Bisa Hentikan Mereka


Timnas Indonesia U23 dipastikan gagal melanjutkan laga di ajang Asian Games 2018 setelah ditumbangkan timnas Uni Emirat Arab U23 pada babak 16 besar di Stadion Wibawa Mukti, Jumat (24/08/2018). Indonesia kalah dalam drama adu pinalti setelah imbang 2-2 di waktu normal. Seperti dilansir dari Bolasport.com (24/08/2018).

Bermain di hadapan puluhan ribu suporter Indonesia, Garuda Muda bermain terus menekan , dan sesekali Uni Emirate Arab melakukan serangan balik melalui sisi kanan pertahanan Indonesia . Diwaktu normal kedua tim berbagi angka 2-2 sehingga harus dilanjutkan kebabak extra-time, dan tak ada gol yg tercipta di babak extra time , pertandingan harus di tentukan lewat Adu Pinalti , di babak adu pinalti Indonesia harus menyerah karena dua penendangnya gagal mengeksekusi pinalti.

Uniknya, Sebelum memasuki adu penalti, banyak dari pihak pendukung Indonesia yang mengaku kecewa atas penampilan timnas U-23 UEA yang dinilai mengulur-ulur waktu dengan para pemain UEA yang memilih berbaring lama ketika kalah duel melawan pemain indonesia. Akibatnya banyak pihak yang mengangap timnas UEA melakukan cara haram dan kecurangan atas kemenangannya.

Namun, menurut pelatih UEA Maciej Skorza, cara bermain anak-anak asuhnya saat melawan Indonesia merupakan bagian dari strategi mereka demi menghentikan Timnas Indonesia, pelatih asal Kroasia itu menganggap bahwa mengulur-ulur waktu tersebut adalah hal yang wajar dalam sebuah pertandingan. Ya, Maciej Skorza sepertinya sadar bahwa timnas Indonesia U23 adalah tim yang kuat dan mempunyai lini serang yang begitu mematikan serta mempunyai gaya pressing yang tinggi.

"Tentu saja banyak yang akan emosi. Kami selalu ingin coba bermain dengan baik. Terkadang laga memang seperti itu. Banyak tantangan yang akan terjadi, jadi saya pikir itu normal (mengulur waktu). Menurut saya wasit tampil sangat baik dan tenang di situasi sulit," ucap pelatih timnas U-23 UEA tersebut, seperti dikutip dari Indosport.com (24/08/2018).

Timnas Indonesia U23 dalam babak penyisihan Grup ajang Asean Games 2018 ini mempunyai penampilan yang begitu mengesankan. Anak asuh dari Luis Milla tersebut lolos kebabak 16 besar bersatu sebagai juara Grup. Mungkin memang benar apa yang di katakan oleh pelatih UEA U23 Maciej Skorza, hanya dengan cara haram seperti mengulur-ulur waktu timnas UEA bisa memaksa timnas Indonesia ke babak adu pinalti.

Memang, strategi bertahan dengan mengulur-ulur waktu selalu membuat banyak pihak makin emosi karena dinilai akan merugikan tim lawan. Bahkan, strategi mengulur-ulur waktu ada yang bilang adalah strategi yang haram digunakan untuk memenangkan sebuah pertandingan sepak bola, pasalnya setiap tim yang bertemu tim yang ingin memenangkan pertandingan dengat cara tersebut akan di buat jengkel dengan cara tersebut.