Pemain Setia Pada 1 Klub Melawan Penyuka Tantangan Baru, Mana yang Terbaik?


Paolo Maldini dari AC Milan, Javier Zanetti dari Inter Milan, Francesco Totti dari AS Roma, Ryan Giggs dari Manchester United dan yang masih aktif menjadi pemain, Lionel Messi dari Barcelona adalah deretan pesepakbola dunia yang hanya bermain pada satu klub saja.

Mereka memulai karir profesionalnya pada satu klub dan mengakhirinya sampai pensiun pada klub yang sama. Mereka semua adalah ikon dari klubnya yang mempunyai peran yang sangat besar pada perjanan prestasi klub yang dibelanya. Peranannya yang sangat besar pada klubnya, membuat mereka tidak akan pernah dijual klubnya ke klub lain.

Mereka semua adalah legenda bagi klub dan semua pendukungnya, bahkan untuk menghargai jasa-jasa mereka, pihak Manajemen Klub sampai mempensiunkan nomor punggungnya seperti nomor 3 Maldini di AC Milan dan nomor 4 Zanetti di Inter Milan, seperti dilansir marca.com (26/05/18).

Sementara itu Zlatan Ibrahimovic, James Rodriguez, Neymar Jr dan Cristiano Ronaldo adalah deretan bintang sepakbola yang berhasil menjadi Juara di beberapa Klub dan beberapa Liga. Ibrahimovic berhasil menjadi Juara di Liga Belanda, Serie A Italia, La Liga Spanyol, dan Ligue1 Prancis. Zlantan berhasil menjadi juara bersama Inter Milan, AC Milan, Juventus, Barcelona, Paris Saint Germain dan terakhir bersama Manchester United.

Begitu juga Neymar Jr yang berhasil menjadi Juara La Liga Spanyol bersama Barcelona dan Liguei1 Prancis bersama Paris Saint Germain. Sementara itu Cristiano Ronaldo juga pernah menjadi Juara Liga Primer Inggris bersama Manchester United dan Juara La Liga Spanyol bersama Real Madrid.

Cristiano Ronaldo yang sembilan tahun melewati karir gemilangnya bersama Real Madrid, saat ini telah memastikan untuk mencari tantangan baru di Serie A Italia bersama Sang Juara Bertahan, Si Nyonya Tua Juventus. Kedatangan Ronaldo telah membuat eforia dan optimisme tinggi bagi para pendukung Juventus dalam menatap musim 2018-2019 nanti.

Dari kedua kelompok pemain ini, yang pertama setia pada satu klub dan yang kedua suka mencari tantangan baru, manakah diantara keduanya yang terbaik? Tentu saja pertanyaan ini akan sangat sulit menjawabnya, karena siapa yang bisa menentukan yang terbaik antara Ryan Giggs dan Zlatan Ibrahimovic, atau yang masih ketat persaingannya sampai saat ini antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Jawabannya tentu saja akan sangat objektif, tergantung pendukung siapa yang akan menjawabnya.