Bandingkan Rekor Messi dan Ronaldo, Udah Jelas Siapa The GOAT, Jauh Banget Bos!


Saat ini sedang hangat-hangatnya perbincangan tentang siapa pemain terbaik di dunia. Semuanya mengarah pada kedua bintang ini, yaitu Ronaldo atau Messi.

Antar fans saling mengklaim bahwa pemain favoritalah yang terbaik. Terlebih dengan hadirnya panggilan super pro kontra satu ini, yaitu The GOAT (Gratest of All Time) atau 'yang terbaik sepanjang masa'.

Namun akan jadi garing bila menentukan panggilan kepada salah satu dari kedua pemain di atas tanpa fakta dan data yang kuat.

Untuk itu, tulisan sedikit memberikan catatan tentang siapa sebenarnya yang pantas mendapat julukan The GOAT dengan beberapa fakta dan data serta rujukan kuat dari berbagai sumber. Mari!

1. La Liga Spanyol

Dikutip dari Bola.net (19/12/2017), Messi berhasil mencetak 362 gol dalam 396 pertandingan untuk Barcelona. CR7 hanya mengemas 289 gol dalam hanya 276 pertandingan. Ronaldo kalah?

Nggak bos, tunggu dulu. Setiap gol dibagi jumlah tanding biar adil. Itu artinya, secara rasio Messi mencetak gol per pertandigan 0,91 kali (tak sampai 1 gol) dan Ronaldo mencetak 1,05 per laga (lebih dari 1 gol). Pahami sendiri siapa gol terbanyak!

2. Liga Champions

Pada kompetisi ini CR7 menang telak. Ronaldo mengantongi 117 gol dan Messi hanya mengantongi 100 gol selama bermain di Liga Champions (sepanjang masa). Jelas sudah untuk yang satu ini, tidak ada perdebatan pastinya, Bola.net (30/3/2018).

3. Piala Dunia Antarklub

Usai menekuk Gremio di partai final kompetisi paling tinggi level klub ini, Elreal berhasil mengangkat trophy juara dan Ronaldo berhasil memecahkan rekor Pele (1962/1963) sebagai top skor sepanjang masa dengan mengantongi 7 gol.

Sedangkan rivalnya (Lionel Messi) hingga saat ini masih mengoleksi 5 gol dari semua laga di kompetisi itu, Kompas.com (17/8/2017).

4. Bersama Timnas

Hingga saat ini Ronaldo sudah menghasilkan 70 gol selama berseragam timnas Portugal. Messi baru mengantongi 61 gol bersama Argentina. Ya, Ronaldo masih menang jumlah angka dalam membela Timnasnya dibandingkan Messi, Kompas.com (26/3/2018).

5. Semua pertandingan

Saat ini Ronaldo telah mencetak 654 gol dari semua kompetisi sepanjang karir sepak bolanya. Sedangkan Messi baru mencetak 601 gol di sepanjang karier sepakbola profesionalnya, Pikiran-rakyat.com (5/3/2018).

Di akhir tulisan ini, sedikit tambahan, CR7 memiliki 136 juta followers di Instagram sedangkan Messi hanya diikuti oleh 97 juta orang di Instagram. Menurut kamu siapakah yang layak disebut Terbaik Sepanjang Masa atau The GOAT?