Yes! Kesempatan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Disetujui FIFA, Akhirnya!


Negara tanah air tercinta kita Indonesia memang paling berambisi jadi negara pertama di Asia Tenggara yang ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia, punya peluang mewujudkannya di tahun 2034. Indonesia akan melakukannya dengan mengajak negara yang berada di Asia Tenggara lainnya seperti Thailand dan Vietnam sebagai tuan rumah bersama.

Kabar itu diungkap oleh harian Malaysia, The Straits Times. (18/06/2018). Disebutkan bahwa anggota komite eksekutif FIFA asal Malaysia, Tengku Abdullah Sultan Ahmad Shah, sudah menyalurkan minat Indonesia, Vietnam, dan Thailand ini ke FIFA.

Peluang paling besar ada di gelaran Piala Dunia 2034. Tengku Abdullah menyambut positif hal tersebut. Menurutnya sudah waktunya Asia Tenggara mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah di Piala Dunia selanjutnya. Seperti dilansir dari football-tribe.com (19/06/2018).

"Asia Tenggara punya peluang serta kelebihan untuk menjadi tuan rumah bersama. Karena kini diperbolehkan tiga atau empat tuan rumah dalam satu edisi seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko yang dipastikan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026," ucap Abdullah seperti dikutip dari Arena Metro.

Menurut Ahmad Shah, kesempatan ini tidak boleh disia-siakan.

"Ini adalah waktu bagi Asia Tenggara mendapat peluang. Masih ada waktu bagi tim nasional masing-masing untuk mengembangkan kekuatan," lanjutnya.

Indonesia harus fokus ke depan dan harus selalu menawarkan kepada pihak FIFA karna dengan delapan tahun ke depan akan menjadi masa-masa krusial Indonesia dalam menawarkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia. Sebab, batas akhir pengajuan diri sebagai tuan rumah ajang ini adalah di tahun 2026, dan tentunya harus bersaing dengan negara-negara lain, termasuk yang sudah mumpuni infrastruktur negaranya, seperti Tiongkok yang akan menjadi salah satu saingan terberat Sang Garuda untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.